Hanya Pemancing Biasa Yang Ingin Menjadi Luar Biasa

Jumat, 29 Oktober 2010

Teknik Dalam Memancing

halloooo...temen-temen pemancing mania semua,untuk postingan berikut ini saya akan mengulas bagai mana seni-seni yang ada dalam memancing...hehehehehehehe...sok pakar yeeee.....
oke dech klo gt...dari pada lama-lama ngomong nya kita langsung ke TKP aja..

TEKNIK MANCING atau juga bisa di sebut sebagai SENI_SENI MEMANCING


1. MANCING DASARAN (Bottom Fishing).
Mengapa disebut “Mancing Dasaran”?. Karena apa yang dilakukan adalah menempatkan kail yang berisi umpan di dasar laut (atau sedikit diatasnya agar tidak tersangkut karang) dengan harapan bahwa ikan ikan yang berada di dasar laut memakan umpan tersebut. Ini adalah teknik mancing paling umum dan paling popular dikalangan pemancing. Ikan yang menjadi target biasanya adalah Kakap Merah,Jenaha, Kurisi, Kuwe, Krapu, Salem dan beberapa ikan dasar lainnya. Terkadang Tenggiri dan Barracuda juga dapat dipancing dengan cara ini. Mancing dasar menggunakan joran standar dan bisa menggunakan reel spinning atau open (overhead) reel) atau malahan pakai tangan saja (hand line) yaitu cara tradisional. Ukuran pancing yang digunakan berkisar antara nomor 3/0 sampai 1/0.

Mancing dasar harus menggunakan pemberat (timah atau besi) yang beratnya tergantung pada kencangnya arus diperairan tersebut. Diperairan kepulauan Seribu mungkin cukup menggunakan timah yang maksimal 210 gram ( no.7J) beratnya tapi di sekitar Merak, Anyer dan Muara Binuangeun mungkin harus sampai 420 gram beratnya (No.14J). Umpan yang populer digunakan di perairan P. Seribu adalah udang hidup yang biasanya dibeli dari bagan bagan pada pagi hari atau menggunakan cumi serok (sudah mati). Di daerah Selat Sunda dan Muara Binuangeun pemancing biasanya menggunakan cumi yang di iris iris atau utuh (cumi kecil) dan/atau irisan ikan tongkol atau ikan lain yang dagingnya alot! Bila pemancing melontarkan kail yang diberati timah kedalam air, apakah dari perahu atau dari dermaga biasanya menimbulkan bunyi ”jebluk” sehingga cara mancing seperti ini juga secara populer disebut teknik mancing ”jeblukan”


2. NGONCER
Ngoncer adalah mancing dengan menggunakan ikan hidup (LIVE BAIT) sebagai umpan. Teknik ini sedikit unik dan tanpa menggunakan timah/ pemberat. Kenur utama dipasang kili-kili peniti (snaps wivel), kemudian disambungkan dengan mata kail dengan kawat nikelin sepanjang 10.cm. Umpan yang digunakan mutlak umpan hidup seperti : selar, tembang, layang, como, kembung, sangir, bahkan baby barracuda (alu-alu). Umpan hidup dibiarkan berenang menjauhi kapal, menuju lokasi yang paling akurat (tohor), sambil menunggu ikan pamangsa, seperti Tenggiri dan Barracuda menyambar umpan hidup tadi. Terkadang digunakan pula balon, yang berguna agar ikan tidak berenang ke bawah, sehingga ikan selalu berada di permukaan (1-2m dari permukaan) . Tehnik ini yang sangat efisien dan efektif untuk mancing tenggiri di Kep. Seribu dan mancing ikan permukaan di perairan sekitar Muara Binuangeun. Banyak pemancing sangat menggandrunginya.

3. TROLLING (Tonda)
Teknik memancing yang disebut ”trolling” ini harus menggunakan reel khusus (Open Reel) yang cukup kuat dan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot. Trolling biasanya menggunakan umpan buatan yang dibuat dari fiber glass, kayu atau plastik. Umpan palsu yang paling populer adalah yang disebut Rapala untuk memancing ikan ikan seperti Tenggiri dan Wahoo. Ada jenis umpan palsu lain yang disebut Konahead yang berbentuk seperti cumi besar dengan rambut berurai tapi berwarna menyolok untuk mancing ikan ikan sejenis Marlin, Layaran dan Lemadang.
Jarak umpan dari kapal sekitar 20-100m tergantung dari ukuran umpannya. Cara ini sangat populer digunakan di perairan sekitar Binuangeun dan Ujungkulon dan kadang-kadang juga digunakan di daerah Kep. Seribu atau di Selat Sunda bagian utara walaupun jarang sekali berhasil karena sudah tidak banyak ikan pelagis diatas 10 kg.
Kalau kita trolling menggunakan umpan rapala biasanya boat melaju dengan kecepatan sampai dengan 8 knot masih bisa. Kalau ikan Wahoo yg menjadi target maka Rapala biasanya di troll dg kecepatan setinggi-tingginya. Kalau ikan jenis lain sekitar 4-6knot. Kalau menggunaka “Kona head”, agar sempurna efek “smoke trail”nya biasanya ditarik dg speed sekitar 11 knot keatas. Jadi umumnya penggunaan rapala tidak bersamaan dengan konahead.
Umumnya kalau pakai diving minnow spt. Rapala , kecepatan nya tidak lebih dari 6 knots tetapi kalau pakai konahead atau sejenis , kecepatannya berkisar antara 8 ~ 12 knots . Kalau trolling pakai umpan jahit saya biasanya pake speed sekitar 5 - 8 knot.
Unit ” knot ” adalah ” nautical miles per hr ” , kalau conversinya ke mile yang umumnya digunakan di darat, 1 nautical miles = 1.15 miles ( approx. ). Nautical mile/hour = 1.8km/jam. Jadi kalau kapal kecepatan nya 20 knots = 23 mph.
Untuk trolling dengan target ikan pelagis berukuran sedang sampai kecil misalnya di danau, muara atau rawa bakau (mangrove) sebenarnya kita tidak perlu menggunakan joran dan reel trolling khusus. Cukup menggunakan joran dan reel yang biasa digunakan untuk jigging karena biasanya lebih kuat dari joran dan reel yang digunakan untuk mancing dasaran.

4. CASTING
Biasanya dilakukan dari pinggiran laut, seperti dermaga, batuan, pantai, bahkan diatas kapal yang sedang berhenti / jalan dengan pelan. Joran yang digunakan adalah joran khusus yang bersifat lentur (tidak kaku) dan panjangnya antara 150 sampai 172 cm cm karena berbeda dengan Popping (lihat teknik nomor lontaran umpan biasanya tidak perlu terlalu jauh (antara 20 sampai 30 m). Reel yang digunakan bisa spinning bisa juga reel khusus (baitcasting). Umpan yang digunakan biasanya umpan tiruan (lure) yang berbentuk ikan ikanan, serangga atau binatang laut lain dengan berat sekitar 7 sampai 20 gram. Caranya adalah umpan dilempar sejauh mungkin, kemudian reel digulung dengan cepat. Hal ini harus dilakukan terus menerus sampai ikan menyambar atau sampai pemancing merasa lelah dan menyerah. Oleh karena itu cara mancing seperti ini termasuk Popping dan Jigging (lihat nomor 7 dan 8 ) dikategorikan sebagai Sportfishing yaitu mancing sambil ber olah-raga!

5. SURF CASTING
Teknik mancing ini dilakukan dari pantai dengan menggunakan joran yang panjangnya kira-kira 4m dan biasanya terdiri dari 3 pieces (potong) yang harus disambung jadi satu. Jorannya hampir seperti joran spinning atau popping biasa hanya jauh lebih panjang. Pemancing juga harus menggunakan reel yang berukuran cukup besar (biasanya model spinning kelas 4000 keatas). Walaupun teknik dasarnya hampir sama dengan casting yaitu melontarkan umpan sejauh jauhnya tetapi dalam Surf Casting, umpan yang di lontarkan justru dibiarkan mendarat dan tinggal di tempat dia jatuh. Oleh karena itu teknik mancing ini harus menggunakan timah pemberat untuk menahan agar umpan tidak bergerak kesana kemari dibawa ombak. Umpan yang digunakan juga bukanlah umpan palsu (tiruan) tetapi biasanya irisan ikan, cacing laut atau kerang-kerang yang ditemukan dipesisir. Pelontaran umpan tidak dilakukan secara sembarangan tetapi harus ditujukan ke cekukan cekukan/celuk yang diperkirakan ada ikan. Selain daripada itu surf casting biasanya dilakukan pada waktu pasang naik karena pada saat itulah ikan ikan mendekati pantai untuk mencari makanan. Selain dipantai, teknik surf casting juga bisa dilakukan di muara sungai, juga pada saat laut pasang!

6. ROCK CASTING
Teknik mancing ini hampir sama dengan teknik Surf Casting dan menggunakan peralatan yang hampir sama tetapi dilakukan dari atas batu karang (rock) atau pinggir laut yang curam. Teknik dasarnya juga sama yaitu melontarkan umpan sejauh jauhnya dan umpan yang di lontarkan dibiarkan mendarat dan tinggal di tempat dia jatuh. Oleh karena itu teknik mancing ini harus menggunakan timah pemberat untuk menahan agar umpan tidak bergerak kesana kemari dibawa ombak. Umpan yang digunakan juga bukanlah umpan palsu (tiruan) tetapi biasanya irisan ikan, cacing laut atau kerang-kerang yang ditemukan dipesisir. Seperti dalam Surf Casting, pemancing biasanya tidak memegangi jorannya terus menerus tetapi menempatkannya disuatu tempat atau pada penyangga yang kokoh dan mengamati dari kejauhan sampai umpannya disambar ikan. Memancing dengan teknik Rock Casting sebenarnya sangat berbahaya karena pemancing harus memanjat tebing dan mencari spot diatas permukaan batu karang yang tingginya dari permukaan laut antara 2 m sampai 20 m. Yang hanya 4 m dari permukaan laut dapat tiba tiba dikelilingi air laut dan terpisah dari daratan pada saat pasang naik. Lokasi yang sangat tinggi juga sangat berbahaya karena ada bahaya terjatuh kedalam laut. Oleh karena itu teknik ini biasnya hanya dilakukan oleh pemancing yang suka mencari petualangan. Para ahli menasihatkan agar mereka yang senang ”Rock Casting” selalu melakukannya bersama teman agar bisa saling menolong.

7. JIGGING
Menurut para ahli, Jigging sebagai salah satu teknik mancing bukanlah sesuatu teknik yang baru muncul. Nelayan dari beberapa negara sejak ribuan tahun lalu telah mencoba ”menipu” ikan dengan menggunakan umpan palsu yang dibuat dari timah atau logam lain berbentuk ikan kecil yang dicemplungkan ke dasar laut lalu kemudian ditarik dengan cepat keatas. Pada saat ini, spot yang paling populer untuk teknik Jigging bagi para pemancing Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten adalah di perairan Muara Binuangeun sekitar Pulau Deli dan di Sea Mount Reef yang lokasinya antara Lampung Barat dengan Ujung Kulon. Jigging biasnya dilakukan pada spot yang terdiri dari terumbu karang atau tubiran dengan kedalaman antara 50 sampai 100 m. Jig yang digunakan biasanya adalah yang memiliki berat minimal 100 gram agar terjun dengan cepat menuju dasar laut. Beberapa pemancing menggunakan jig yang beratnya mencapai 250 atau 400 gram tergantung jenis ikan yang menjadi sasaran. Memancing dengan teknik Jigging memerlukan peralatan yang berbeda dari teknik Popping atau Casting. Joran yang digunakan cenderung lebih kaku dan pendek (antara 150 sampai 170 cm), agak lebih kaku dari joran untuk mancing Dasaran. Joran untuk jigging hampir mirip dengan joran Trolling tetapi lebih kecil ukurannya dan terdiri dari 2 sambungan yang sambungannya berada diujung pangkal joran (butt). Reelnya juga harus lebih kokoh dibandingkan dengan reel untuk popping walaupun pada dasarnya bisa ditukar-tukar. Seperti telah disebutkan diawal sewaktu Jigging, jig tidak diayunkan ke spot yang dijadikan target tetapi dicemplungkan dan dibiarkan meluncur ke dasar laut secepat mungkin kemudian segera menggulung reel dengan cepat sambil sesekali disentak sentak. Cara tersebut dilakukan agar umpan tiruan tersebut bergerak mirip ikan umpan alami tetapi berenang menuju keatas sehingga ikan sasaran mau menyambarnya. Jigging biasanya dilakukan dari kapal/perahu yang lego jangkar dan berdiam ditempat. Bila terjadi strike, jig biasanya tiba tiba terasa berat dan ada yang menarik sehingga harus segera dilakukan ”fight” agar ikan tersebut tidak bisa menyelam dan bersembunyi didalam karang. Seperti juga dalam Popping, tantangan utama dalam jigging adalah justru mempertahankan agar ikan yang menyambar jig tidak bisa lari dan bersembunyi dibalik karang. Bila ini terjadi maka yang biasanya terjadi adalah jig terpaksa diputuskan/dikorbankan. Istilah para pemancing Indonesia adalah menjadi sesajen untuk laut selatan (bila terjadinya di Binuangeun).

8. POPPING
Teknik Popping pada dasarnya termasuk dalam kelompok Casting. Tetapi teknik Popping menggunakan joran (rod) yang cukup panjang, antara 180 sampai 210 cm dan terdiri dari 2 pieces yang disambung dengan cincin (guide) berukuran besar agar kenur dapat meluncur dengan cpat dan digulung kembali dengan lancar. Joran yang lebih panjang akan menghasilkan pelontaran umpan yang lebih jauh. Reel yang digunakan biasanya kelas 6000 keatas dan kenurnya adalah benang PE (Braided) kelas 5 (50 lbs) sampai 8 (80 lbs). Sesuai dengan sebutannya, teknik popping khusus menggunakan ”lure” (umpan buatan) yang disebut Popper yang biasanya berukuran besar dengan berat antara 80 sampai 100 gram. Umpan buatan yang dipakai terdiri dari 2 jenis. Yang pertama disebut ”Chugger” yang kepalanya rata dan memiliki cekukan seperti mangkok. Chugger ini bila disentak sewaktu mengapung akan menimbulkan bunyi ”pop, pop, pop” karena kepalanya menabrak air. Itulah sebabnya ia disebut ”popper”. Jenis yang satu lagi disebut ”Pencil” karena kepalanya ”tajam” dan pensil ini tidak disentak sentak tetapi hanya ditarik terus. Teknik Popping hampir sama dengan Casting yaitu mengayunkan umpan tiruan ke spot yang dijadikan target kemudian menggulung reel dengan cepat. Setiap setelah beberapa putaran popper disentak (bila umpannya Chugger) lalu menggulungnya lagi. Cara tersebut dilakukan agar umpan tiruan tersebut bergerak mirip ikan umpan alami, sehingga ikan sasaran mau menyambarnya. Perbedaan utama antara Popping dengan Casting adalah bahwa Popping biasanya dilakukan dari kapal/perahu yang ”stand bye”. Artinya mesin kapal tetap hidup dan jangkar tidak diturnkan agar kapal bisa segera mundur bila telah terlalu dekat ke karang atau bila umpan disambar ikan target agar ikan tersebut tidak bisa menyelam dan bersembunyi didalam karang. Teknik ”popping” sangat populer di perairan Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur (sekitar Pulau Komodo) dan banyak dilakukan oleh orang asing, seperti Jepang, Korea dan juga Indonesia. Popping sekarang sangat populer dikalangan pemancing hobbyist Indonesia terutama untuk memancing Tuna pada waktu musimnya dan GT (Grand Trevally/Kuwe Gerong) yang bisa dilakukan kapan saja asal di spot yang tepat. Spot yang paling populer untuk pemancing Jabodetabek dan Banten saat ini adalah di sekitar Karang Tungku Tiga dan Batu Mandi sekitar Pulau Sanghyang, Tanjung Tua dan Karang Krekah dekat Bakauhuni, di Karang Jajar dan sekitar Pulau Panaitan, Ujungkulon. Semua spot ini berada di wilayah perairan Selat Sunda. Gerombolan ikan Tuna sirip kuning biasanya muncul sekitar bulan Maret-April di perairan Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

9. Mancing GARONG
Cara mincing ini secara popular diplesetkan dengan sebutan “ngegarong” karena menggunakan sejenis kail yang bermata 6 (enam) berbentuk seperti matahari yang disebut pancing “GARONG”. Uniknya, seringkali (atau lebih sering) ikan yang digarong tertangkap bukan karena pancing nyangkut di mulutnya tetapi nyangkut di insang, di pipi, pundak, perut, buntut, dsb. Mancing garong ini biasanya menggunakan joran TEGEK yaitu joran tanpa kolong-kolong (cincin/guide) yang panjangnya antara 4 m sampai 6 meter dan “teleskopik” (joran antena). Mancing cara “garong” ini harus menggunakan pelampung kecil yang dibuat dari kayu ringan dan biasanya berbentuk seperti “piring terbang”. Jarak antara pelampung dengan pancing garongnya hanya berkisar sekitar 50 cm sampai 100 cm sedangkan seluruh panjang kenur dari ujung joran sampai mata pancing hanya 2 sampai 3 m. Mancing ini umumnya menggunakan umpan lumut laut yang banyak tersedia di bebatuan di pantai. Kadang kadang orang menggunakan nasi atau kue. Umpan tersebut tidak ditempelkan di pancing tetapi dijepit oleh kenur kira kira 1 - 2 cm diatas pancing. Target yang utama adalah ikan Baronang, Botana, dan terkadang juga ikan Kakak Tua. Tehnik ini murah tetapi sangat unik, eksentrik dan sebenarnya sangat sulit. Mancing “garong” tidak memerlukan perahu atau kapal karena dilakukan dari pinggiran seperti dermaga, batu batu (beton) pemecah ombak, atau jembatan di sekitar pantai. Oleh karena itu, teknik mancing yang satu ini dianggap yang paling murah biayanya dan banyak orang sangat menikmatinya dan benar-benar ketagihan!

Kamis, 21 Oktober 2010

Umpan Mancing Harian

baiklah teman pemancing mania untuk kali ini saya akan memberikan kembali resep umpan mancing ikan mas,tetapi untuk kali ini saya sengaja memberikan racikan umpan mancing yang hanya spesial untuk memancing harian...eeeeiiiitttsss...jangan salah......umpan-umpan ini pun tidak ada salah nya untuk di coba khan di kolam galatama...picture widgets
kumpulan umpan-umpan tersebut sebagai berikut


Umpan Hijau

Diklaim umpan ini baik dipergunakan pada empang yang berair warna hijau dan berbau

Bahan-bahan :
2 sendok makan Umpan Tombro
2 sendok makan Susu bubuk
Santan Kara secukupnya
1 buah Ubi rebus yg sedang
1 buah Merah telur asin
2 sendok makan Air panas
Kroto secukupnya
1 kaleng Tuna merek Deho

Cara membuatnya :
Ubi rebus diparut, Tombro, susu bubuk, santan Kara dan Air panas diaduk menjadi adonan lalu masukan parutan ubi rebus dan tuna yang telah dihaluskan kemudian masukan kedalam kantong plastic dan dikukus selama 30~45 menit, saat memancing campurkan dengan kroto.



Umpan putih

Bahan-bahan :
3 bks Katu Lampa
4 butir Telor ayam (merahnya saja)
1 kaleng Tuna tanpa merk
4 bks kecil Vanilla kristal
Ubi putih secukupnya

Cara membuat :
Telor ambil kuningnya saja, lalu campur dengan tuna tanpa merk. Berikutnya masukkan vanilla dan aduk hingga rata. Setelah rata ambil daun pandan dan dibuat buntalan lalu campur dengan bahan tadi. Berikutnya adonan tersebut kita masukkan dalam plastik transparan ukuran ½ atau 1 kg dan kukus selama + 30 menit.
Pada saat mulai mengukus sertakan juga ubi dan dikukus secara bersamaan. Namun pengukusan ubi harus lebih lama sekitar 15-30 menit dari adonan agar ubi benar-benar matang.
Setelah semuanya matang dan diangkat, masukkan ke dalam satu wadah. Berikutnya campurkan katulampa dan aduk bahan tersebut hingga merata. Jika dirasa belum menyatu anda bisa menambahkan sedikit air panas sampai didapat kelekatan yang anda inginkan.




Umpan  “Seharian”

Bahan-bahan :
1/4 kg ubi kuning
100 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang
3 ekor belut
5 tongkol jagung manis
1/4 pak keju Kraft
2 butir telur (kuningnya saja)
Susu murni secukupnya
50 gram mentega
1 kaleng ikan tuna
2 ons kroto

Cara membuat :
Ubi, belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Untuk jagung kukus setengah matang saja. Parut ubi dan keju, haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.



Umpan Ubi

Bahan-bahan :
3 buah ubi jalar manis
1 kaleng Tuna (Tuna in oil)
2 bungkus pelet merah
2 bungkus Chiki Snack keju
1 tutup botol minyak ikan (Scott's Emultion White)

Cara membuat :
Kukus ubi jalar, parut dan haluskan. Remas Chiki Snack hingga hancur, campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke adonan (daging ikan dapat dipakai ke umpan lain). Masukkan pelet dan minyak ikan Scott's, aduk hingga merata.
Campurkan kroto atau daging belut saat akan dipakai.

Senin, 18 Oktober 2010

Umpan Juara Galatama

Umpan Babon KTI

½ ons ranjungan
75 gr keju
2 butir kuning telor asin
2 ml essence coffenoir
2 ml essence sirsak
1 bgks pa ikin biru
Weisjman secukupnya

Cara membuat:
Kukus ranjungan dengan weisman ±1 jam
Setelah dingin, campur semua bahan sampai kalis dan lembut.

Hasil Babon 7,2 kg di pemancingan KTI Ciputat Nominasi ke-2.



Umpan Prestasi KTI



Juara 3 Total 13kg+, super 4,2kg dan juara 1&3 di Pemancingan Bumi Putera Betawi, Ciledug
Juara 1 dan prestasi ke 2 di ragunan, total ikan 86 ekor di Cinangka, dll

Bahan:
6 butir Kuning telor bebek
4 sachet vanili bubuk
2 ons kroto super (yg putih, kecil)
2 kotak kara kecil
2 sachet dencow bubuk
2 sdm madu asli
2 kaleng Tuna Deho
1 sdm butter weisjman
¼ kotak keju kraft
Air panas 150 ml (untuk mengencerkan susu)
4 bungkus katulampa (pengeras)


Cara membuat:

    * Mixer kuning telor sampe lembut (seperti membuat kue)
    * Masukkan vanilli, madu, weisjman, kara, dencows yang telah di cairkan dengan air panas, kemudian parutkan keju.
    * Turunkan kecepatan mixer, setelah rata aduk kroto yang telah di rendam dengan air panas.
    * Kukus umpan selama ±45 menit, masukkan umpan pada saat air sudah mendidih.
    * Pada saat umpan akan di pakai, haluskan deho dan campur dengan master umpan, sesuaikan kekerasa umpan dengan katulampa.



Umpan setengah ngelet


Bahan:
1 bh umpan ikin biru
1 kaleng deho
1 bks katulampa (new)
1 kinoy (pengeras)
2 buah ubi
Keju Wisjman
2 btr kuning telor asin
1 ons Kroto

Cara membuat:
- Campur semua bahan jadi satu, kecuali kroto cukup di siram dengan panas
- Pada saat mau di pakai, gulung umpan dengan kroto

Rekor Juara 1 (Pemancingan Herry Zibrut SMP 11) pada hari minggu tanggal 5 Ferbuari 2006 di lapak 19)



Umpan Wangi

Bahan:
2 tongkol jagung manis
1 sd makan Wijsman
Aroma pandan secukupnya (1 lbr daun pandan)
1 buah ubi
1 kaleng tuna (deho)
2 btr telor asin
50 gr keju
Kinoy (pengeras)
1 ons kroto

Cara membuat:
- blender/ulek sampai halus jagung
- aduk jadi satu jagung, wisjman dan daun pandan
- kukus sampai matang
- kemudian campur semua bahan jadi satu, kecuali kroto
- kroto cukup rendam dengan air panas, dan campurkan pada saat umpan mau dipakai.

Rekor Juara 1 (Pemancingan Herry Zibrut SMP 11) pada hari minggu tanggal 12 Ferbuari 2006 di lapak 12)


Umpan Amis

Bahan:
Tuna deho 1 kaleng
Kroto 2 ons
Weijsman 1 sdm
Dancow 2 sachet
Tombro new 1 sachet
Telor bebek 2 btr
Daun pandan

Cara membuat:
Semua bahan, kecuali daun pandan di blender atau di campur pakai mixer. Setelah kalis, masukan dalam kantong plastik 1 kg, tambahkan daun pandan. Kukus (air sudah mendidih saat memasukan umpan), satu jam atau lebih. Tambahkan katulampa untuk pengeras.

Hasil 2 ekor super dan Juara 2 di Pemancingan Bumi Putra Betawi Empang B


Umpan Harum Wangi

Umpan yang dipakai:
Ikin 2 bungkus
Kuning telor bebek 3 buah
Keju 75 grm
Kroto 2 ons
Daun pandan

Cara membuat:
Semua bahan di blender, kecuali daun pandan dan kroto di campur manual dengan centong agar telor kroto tidak hancur, kemudian kukus ±1 jam. Pada saat akan dipakai ditambah tombro dan ubi.

Hasil Juara 4 (di Pemancingan Meta Asri)



Umpan Harum Wangi

Bahan:
Deho 1 kaleng
Ikin 1 bungkus
Kuning telor bebek 3 buah
Susu dencow 3 sendok
Weisjman 1 sdm
Daun pandan

Cara membuat:
Semua haban di campur, kemudian di kukus ±1 jam. Pada saat akan dipakai campur dengan ubi plus pengeras katulampa dan dipulung dengan kroto.

Hasil: Juara 3 di Pemancingan Jaya, Gondrong, Petir, Tangerang




Umpan biasa untuk Gaplean

Bahan:
1 bungkus pelet aditya
1 buah telor ayam biasa
1 kaleng kecil sarden maya (lebih ok lagi kalo ada pindang tongkol, ikan ini beli 5 ribu cukup)
2 schet vanili
Air panas

Cara membuat:
- Cuci sarden dengan air hingga bumbunya ilang, haluskan
- Campur semua bahan, sesuaikan kekenyalannya.








Umpan Jos

Bahan:
Keju apel ½ ons
Santan kara 2 kotak
Kroto 1 ons
Tuna deho 1 kaleng
Kuning telor bebek 3 butir
Madu 1 sdm
Jagung 3 buah
Daun pandan

Pengeras:
Ubi dan katulampa

Cara membuat:
- Semua bahan di campur dan di belnder, kecuali kroto, kukus ± 1 jam
- Tambahkan ubi dan katulampa untuk menyesuaikan kekenyalannya.

Umpan ini biasanya cukup baik untuk di Pemancingan Deplu 74

all created by M-Bei FF

Rabu, 13 Oktober 2010

Umpan Harian Dan Galatama

umpan untuk air hijau dan kurang sirkulasi

2 bks jitu (yg gambar orang lg mancing)
2 sdm pelet shinta
1 klng sarden
1 kuning telor bbk matang
1/2 ons kroto

cara membuat :

ambil sarden 2 ekr +airnya sedikit aja + kuning tlr bebek haluskan sampai rata,stlh rata masukan 2 bks plt jitu aduk lagi sambil ditambah air dingin aja jgn air panas sampai halus/lembut,stlh halus masukan 2 sdm pelet shinta aduk lg sambil ditambah air sedikit2 sampai pas buat di pulung ke mata kail.(usahakan jgn terlalu keras), krotonya buat cocolan sblm di lempar.


khusus buat di aer hijau dan berbau

2 sendok makan tombro kuning
- 2 sendok makan susu dancow saset
- 1 buah telor asin (kuningnya aja)
- 1 buah ubi kuning atau putih matang ukuran sedang
- 1 kaleng tuna deho buang minyaknya
- 2 sendok makan santan kara ukuran segita aja
- 1 ons kroto Rp
- 3 cm halco klo punya aja

cara membuat :

parut ubi, campurkan tombro kuning, susu dancow, telur asin, kara dan deho aduk rata kukus 20 menit aja
klo adonan umpan telah jadi masukan kroto segar da siram pake halco (klo punya).


1. Ubi madu Cilembu 1 kg.
   2. 10 tongkol jagung muda.
   3. Ubi kayu (perekat) 200 gr.
   4. Wafer Tanggo vanila 80 gr.
   5. Keju Cheddar setengah blok.
   6. 2 butir kuning telur bebek (rebus)
   7. kinoy super 1 bks kecil/katulampa (pilih salah satu)
   8. essens pandan secukupnya.
   9. kroto bersih 200 gr

cara membuat :

   1. no. 1,2, dan 3 parut halus lalu bungkus dengan allumunium foil lalu kukus + 15 menit atau hingga matang.
   2. selagi masih hangat keluarkan adonan tadi dan campurkan dengan keju parut cheddar.
   3. setelah dingin ambil tanggo... liatin... tumbuk halus (remas-remas selagi masih terbungkus) dan campurkan.
   4. campurkan dengan telur kuning bebek rebus... aduk hingga rata.
   5. terakhir campur deh kinoy/katulampa...
   6. terakhir bayangkan kalau anda ikan mas... dan pakai perasaan anda sebanyak apakah essens pandan yang ditambah kedalam adonan.
   7. sebelum dipakai, campurkan dengan kroto, DAN...
   8. ANDA SIAP MANCING IKAN MAS

syarat wajib:
selalu bungkus rapat adonan dalam plastik agar rasa umpan tetap terjaga.


Umpan beraroma amis
Contoh menggunakan umpan amis:
- 3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan)
- 1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan))
- Keju parut (bahan utama juga buat umpan)
- Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s.d 4 btr...ambil kuningnya
- deho (dlm kaleng), ikan tongkol, or ikan tuna (bahan utama juga buat umpan)
- Kroto (selalu ada, karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini)
- Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk
- 1 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan)


Cara pembuatan :
1. 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan
2. Siapkan bahan campurannya : telur bebek/ayam (kuningnya) dikocok dan dicampurkan tepung beras rose brand 3 sendok, keju parut, dan susu murni (1 kotak kecil) or dancow sascet (1 sascet)...aduk sampai merata...
3. Cuci dan masukan kroto ke dlm air panas...sedu sebentar dan masukan krota yg sudah di rebus ke dlm campuran td
4. Siapkan deho / ikan tongkol (ambil daging putihnya) or ikan tuna dan rebus sebentar dng air panas...(catatan:minyaknya jng dibuang)

Langkah terakhir adalah :
Campuran yg diatas td (no. 1,2) dimasukan kedalam satu plastik kiloan dan dicampur dengan kroto (3)..dikukus dengan api kecil waktunya :1/2 s.d 1 jam dan dinginkan.
- Bila mau lomba dimulai...campurkan bahan no. 4 dengan umpan yg telah jd dan siap dicoba umpan ini...smoga berhasil...!!


Umpan Aroma Wangi

Bahan :
- 3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan)
- 1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan))
- Keju parut (bahan utama juga buat umpan)
- Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s.d 4 btr...(ambil putihnya)
- deho
- 2 lembar pandan
- Kroto (selalu ada, karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini)
- Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk
- 2 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan)


Cara membuat :
1. 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan
2. Tepung beras rose brand dicampurkan dengan telur bebek/ayam (putihnya saja)+keju+Kroto (bersihkan dan rebus sebentar jng terlalu lama) + 2 sacet dancow aduk sampai merata
3. Rebus dengan air deho (dagingnya saja) supaya aroma amisnya hilang
4. Campurkan bahan 1,2, ditambahkan 2 lembar daun pandan kedalam plastik kiloan dan kukus 1/2 jam saja...dinginkan
Catatan:
- Umpan wangi ini kl siap tuk lomba segera campurkan deho (daging yg sudah direbus) dicampurkan dengan kinoy sedikit demi sedikit...dijamin ikan yg suka aroma wangi akan segera menyantapnya...




Umpan Jadul Andaru aka Ponco AndaruBahan bahan :

1. Ubi telor ( yg kecil kecil warna putih)
2. Belut atau nila kira kira 1/2 kg
3. Telor bebek ( kuningnya aja) 2 Butir
4. Mie instan 1 pak

Cara pembuatan:
a. Kukus Ubi Dan belut/nila selama kurang lebih 1jam lalu ubinya diparut ambil yg masirnya aja dan buang tulang dan kepala belut/nila.
b. campur dengan telornya lalu kasih mie instan yg sudah di remas halus.



created all by FF

Kumpulan Umpan Galatama2 Mas / Essen

Umpan Spesial Merah
Jagung Bakar 5 cc
Melon 3 cc
Coconut 3 cc
Lecchy 3 cc
Strawberry Pasta 1 sdt
Sari Laut / Tenggiri 4 cc
Choya 2 cc
Tuna 2 cc
Vanili Pasta 0,5 sdt

Spesial Malam Om DS

Choya 3 cc
Tenggiri 3 cc
Coffe Noir 3 cc
Strawberry Pasta 1 sdm
Coconut 3 cc
Pandan Pasta 0,5 sdm
Sari Laut 3 cc

UMPAN SIANG
1. TENGGIRI 1cc
2. DURIAN 4cc
3. EKSTRA JOSS 1 SASET

UMPAN MALAM
1. COFFE MOCCA PASTA 2sdm
2. SRAWBERRY PASTA 1sdm
3. ESSEN KACANG 3cc
4. ESSEN COCONUT 1cc
5. ESSEN ALMOND 1,5cc
6. TENGGIRI 1cc
7. VANILI CRISTAL 1 saset

Umpan MBAU - Pancoran
1. Pasta Pandan 1sdm
2. Essence Bolu 4cc (panas)
3. Essence Jagung manis 2cc
4. Essence Butter cookis 2cc
5. Essence Milk 2cc
6. Essence vanili 2cc
7. Essence choya 2cc
8. Essence tenggiri 4cc (Hujan)
Note : Perbandingan klo panas lebih ke bolu,
klo hujan lebih ke tenggiri
wanginya standar (tidak tajam)

Umpan Merah
1.Pisang Ambon Pasta Secukupnya
2.Essen Strawberry 5 CC
3.Essence Banana Special 3CC
4.Essence Butter Cookies 3 CC
5.Essence Tuna Oil 3 CC
6.Essence Tenggiri 3 CC
7.Susu Cair 1/2 Gelas U/ Adukan tidak pakai air

Umpan Hijau
1. Pandan Pasta 1/2 Botol
2. Essence Coconut 5 CC
3. Essence tenggiri 2 CC
4. Essence Choya 2 CC
5. Vanili bubuk 1 botol kecil merah
6. Essence Melon 3 CC
4. Essence Durian 3 CC

Umpan Amis

1. Essence Choya oil 3cc
2. Essence Tenggiri oil 3cc
3. Essence Coffee Noir oil 3cc
4. Essence Coconut 3cc
5. Essence Sari Laut oil 3cc
6. Pandan pasta 1/2 sdm
7. Strawberry pasta 1 sdm

Umpan Sereh
1. Essence Tenggiri 2 cc
2. Essence Choya 2 cc
3. Essence Tongkol 2 cc
4. Essence Udang 2 cc
5. Essence Sari laut 2 cc
6. Essence Bulus 2 cc
7. Essence Sereh 1 cc
8. pandan pasta 1 sendok.

Umpan Sereh II
1. Essence Strawberry 3 cc
2. Essence Melon 2 cc
3. Essence Lecy 2 cc
4. Essence Lemon 4 cc
5. Essence Tengiri 2 cc
6. Essence Sereh 1 cc
7. Pasta pisang 1 sendok makan

Umpan Cibubur I
1. essen Jagung bakar 8 cc
2. essen Melon 5 cc
3. essen Coconut 6 cc
4. essen leacy 5 cc
5. pasta pandan 1/2 sendok mkn
6. Sari laut (diva) 5 cc

Umpan Telaga Mina (Cibubur II)
1. essen Jagung bakar 8 cc
2. essen Melon 5 cc
3. essen Coconut 6 cc
4. essen leacy 5 cc
5. pasta pandan 1/2 sendok mkn
6. Sari laut (diva) 5 cc

Umpan juara ( cibubur/pik)
1. Pasta strawbery 1 sdm
2. Pasta pisang ambon 1/2 sdm
3. Essence coconut ready 1 cc
4. Essence udang 1 cc
5. Essence choya 1 cc
6. Sagu 2 sdm
air secukupnya

Umpan MBAU/Telaga Mina (Cibubur III)
1. Essence Hiu 3 tetes
2. Essence Tenggiri 3 tetes
3. Essence kerupuk 3 tetes
4. Essence jagung bakar 5 tetes

Umpan Galatama I
1. Pasta Strawberry ....1 sendok teh
2. Essen Straberry Diva ...3 cc
3. Choya ...7-8 tetes
4. Essen Tengiri 5-6 tetes
5. Essen Pisang anting (botol kecil)....setengah botol
6. Vanili bubuk 1 bungkus

Umpan Galatam II
1. Essence Melon Diva Oil 5cc
2. Essence Strawbery Diva oil 4cc
3. Essence Banana oil 3cc
4. Essence Leeche oil 4cc
5. Essence Sari Laut oil 3cc
6. Essence Durian Diva oil 4cc
7. Jeruk Keprok Pasta 1 sdk makan

Umpan Galatama III
1. Pasta stroberi 1/2 sdm
2. Essence stroberi 8 tetes
3. Essence Milk 8 tetes
4. Essence Coconut 4 tetes
5. Essence pala 2 tetes

Umpan Galatama IV
1. Essence Strawberry : 1 cc
2. Essence Nangka : 0,5 cc
3. Essence Leccy : 1 cc
4. Essence Salak : 1 cc
5. Essence Choya : 1 cc
6. Essence Sari laut : 2 cc
7. Essence Almond : 1 cc
8. Pasta Strawberry : 2 cc

Umpan Galatama V
1. Pasta strawberry 1 sendok makan
2. strawberry diva 2 cc
3. Banana Special diva 3 cc
4. pisang anting setengah botol
5. choya 2 tetes
6. tengiri 5 tetes

Umpan Galatama VI
1. Essence Nanas 1,5 ml
2. Essence Melon 1 - 1,5 ml
3. Essence Banana 0,5 - 1 ml
4. Essence Lychee 0,5 ml
5. Essence Almond 0,25 - 0,5 ml
6. Essence Tenggiri 0,5 ml
7. Essence Daging 0,25 ml
8. Pasta vanilli 0,5 sdm
9. Pasta pandan 1 sdm

Umpan Galatama VII
1. Pasta nangka 8 tetes
2. Essence nagka 0,5 cc
3. Essence durian 0,5 cc
4. Essence vanila 0,5 cc
5. Essence melon 0,5 cc

Umpan Galatama VIII
1. Essence pandan : 1 cc
2. Essence Nangka : 1 cc
3. Essence Leccy : 1 cc
4. Essence Salak : 1 cc
5. Essence Choya : 1 cc
6. Essence Sari laut : 2 cc
7. Essence Almond : 1 cc
8. Pasta pandan : 2 cc

Cara Buat :
  • Pilih salah satu Oplosan / umpan yg anda ingin coba.
  • Masukan ke dalam kantong plastik Ukuran 1kg.
  • Tambahkan Sagu 2 sdm munjung + air 1 Gelas Aqua.
  • Kocok-kocok sampai semua bahan merata.
  • Rebus di air panas sampai matang sambil di aduk2 (ratakan) dengan sendok makan.
  • Tambahkan air panas 2-3 sendok makan jika umpan terlalu keras.
  • Umpan siap di coba.
Created by KOMPENI

Kumpulan Umpan Galatama Mas / Essen

1. Essence melati 5 cc
2. Essence pisang ambon 2 cc
3. Essence lecy 2 cc
4. Essence almond 1 cc
5. Essence coconut 2 cc
6. Essence jagung bakar (kiki-riri) 3 cc
7. Essence pala 2 tetes jarum suntik
8. Choya 4 cc
9. Tenggiri 3 cc
10. Pasta pisang ambon 1sdm

Creator : Indigo
Lokasi : Pondok Cabe -beiji Dvox
Oplosan lumayan bagus tapi babonnya mocel 5x

Bahan2
Tenggiri 3cc
Choya 3cc
Kepiting 3cc
Durian 3cc
Coconut 3cc
Butter cookies 3cc.
Pandan 2cc
Melon 2cc
Lecy 2cc
Bulus 2cc
Banana 4cc
Usar 6 tts
Nilam 2 tts.
Pemakaian 2.5 ttp btl yg 30ml.

Creator : Handy_ang
Lokasi : Balikpapan
Oplosan bumbu Dapur

Bahan2
Kecap asin 5 cc
Saos tiram 2.5 cc
Essen udang 5 tetes
Minyak wijen 5 tetes
Pasta Frambozen 5 cc

Creator : Kingmyride
Lokasi : Bandung
Umpan Sereh ( Umpan musim Hujan )

Bahan2
sereh 2 cc
bulus 1cc
sirsak 1cc
pasta sirsak 1 sendok makan
seafood 1 cc

Creator : Amin Badong
Lokasi : Malang
Umpan Malam Hari

Bahan2
Essence Jambu Spesial......... 3 cc
Essence Strowberry............. 3 cc
Essence Lychee Spesial........ 2 cc
Essence Capucino................ 1 cc
Essence Seafood Spesial....... 2 cc
Essence Choya Spesial.......... 1 cc
Minyak Nilam....................... 3 - 5 tetes
Biang Susu seujung sendok teh

Creator : Metzad
Lokasi : Tuban - Madura
Umpan Siang Malam

Bahan2
- Essen Frambozen --> 2cc
- Frambozen sirup (A*C) --> 1,5 Sdm
- Essen Pandan --> 1cc
- Eseen Sereh --> 3-5tts
- Essen Coconut --> 3cc
- Essen Choya --> 3cc
- Essen Tenggiri --> 3cc
- Essen Tuna --> 2cc
- Essen Bulus --> 1cc

Creator : Kebot 736
Lokasi : Dvox timur
Oplosan Serabi Ijo

Bahan2
Pasta Pandan Diva 1 Sendok Makan
Pasta Melon Diva 1 1/2 Sendok Makan
Pasta Kweni Cap Anting 1 Sendok Makan
Essence Bolu 3 cc
Essence Egg Vanilla 1 1/5 cc
Essence Diva Butter Cookies 1 cc
Essence Diva Keju-keju 1 cc
Essence Cempedak 2 cc
Essence Jagung Bakar 1 cc
Sari Laut Diva 2 cc
Tenggiri 1 cc
Choya 1 cc
Choya Bandung 3 cc
Vanilli Tapir secukupnya

Creator : Giriwil
Lokasi : Jakarta
Umpan Parfum melati

Bahan2
01. Pandan
02. Coya
03. Tenggiri
04. Melon
05. Coconut
06. Keju
07. Milk
08. Hiu
09. Vanila
10. Leci
11. Almond
12. Melati ( tetes dikit2 )
Perbandingan bahan 1-11 =1:1

Creator : Jeep
Lokasi : Sutorejo utara XI/26 - sby
Oplosan Surabaya

Bahan2
Diva strawberry 3 cc
Diva melon 2 cc
Diva lecy 2 cc
Diva lemon 4 cc
Diva tengiri 2 cc
Diva sereh 1 cc
pasta pisang 1sdm
Sagu 2sdm munjung
Air 1 gelas Aqua

Creator : Ardin
Lokasi : Samarinda
Oplosan newbie

Bahan2
- pasta kue lapis 1 sndok teh
- pasta pandan 1 sndok teh
- pasta strawberry 1 sdm
- essens strawberry 3 cc
- essens pandan 1 cc
- essens nangka 1 cc
- essens pisang ambon 1 cc
- essens Leci 1 cc
- samber 03 2 cc
- coconut 1 cc
- choya 1 cc
- tenggiri 2 cc
- tuna 1 cc

Creator : Bomberman
Lokasi : Samarinda
Bazzoka

Bahan2
Essence Pisang Ambon 7 ml
Essence Lecy 3 ml
Essence Melon 3 ml
Essence Coconute 3 ml
Essence Samber 03 1/2 ml
Essence Samber 12 1/2 ml
Essence Samber 13 1/2 ml
Essence Sea food 2 ml
Essence Garlic 3 tetes Pake suntikan
Pasta pandan 2 tetes pake sodotan

AK 47
Bahan2
Essence Nangka 3 ml
Essence Strobery 3 ml
Essence Coconute 2 ml
Essence Coco Pandan 2ml
Essence Samber 03 1 ml
Essence Samber 12 1 ml
Essence Samber 13 1 ml
Essence Choya 2 ml
Pasta Vaneli 1 Sendok Makan
Pasta Strobery 2 tetes pake sedotan

Creator : Thetonktech
Lokasi : Samarinda
Oplosan Samarinda

Bahan2
Pasta Anggur 1 Sendok Makan
Essen Kerupuk 4 Tetes
Essen Milk 4 Tetes
Essen Choya 4 Tetes
Essen Sari Laut 2 Tetes
Essen Pala 2 Tetes
sagu 2 sdm
Air 1 gelas Aqua

Bahan2
Pasta Jeruk Keprok 1/2 Sendok Makan
Pasta Nangka 1/2 Sendok Makan
Essen Milk 4 Tetes
Essen Pala 2 Tetes
Essen Coconut 2 Tetes
Essen Pandan 2 Tetes
sagu 2 sdm
Air 1 gelas Aqua

Bahan2
Pasta stroberi seujung sendok (cuma supaya warna jadi merah muda)
Essen stroberi 8 tetes
Essen Milk 8 tetes
Essen Coconut 4 tetes
Essen pala 2 tetes
sagu 2 sdm
Air 1 gelas Aqua

Creator : Casmadi
Lokasi : Balikpapan
umpan Coklat

Bahan2
1. coklat pasta secukupnya
2. pandan pasta secukupnya
3. essen melon 3 cc
4. essen Nangka 4 cc
5. coyan 3 cc

umpan merah.
Bahan2
Pelet 1/2 bungkus
1. Pisang Ambon Pasta Secukupnya
2. Essen Strawberry 5 CC
3. Banana Special 3CC
4. Butter Cookies 3 CC
5. Tuna Oil 3 CC
6. Tenggiri 3 CC
7. Susu Cair 1/2 Gelas U/ Adukan tidak pakai air

Umpan hijau
Bahan2
Pelet 1/2 Bungkus
1. Pandan Pasta 1/2 Botol
2. Essen Coconut 5 CC
3. Essen tenggiri 2 CC
4. Essen Choya 2 CC
5. Vanili bubuk 1 botol kecil merah
6. Melon 3 CC
4. Durian 3 CC

Creator : Raja Sereh
Lokasi : ada yg tau gak?

1. MUSIM PANAS :
1. Essence Diva tenggiri (3cc)
2. Essence Diva Choya (3cc)
3. Essence Tuna (2cc)
4. Essence coconut (2cc)
5. Essence sereh (1/2 cc) merk golden fish
6. Pasta pandan (1 sendok makan)

2. MUSIM HUJAN
1. Essense stroberi (5cc)
2. Essence nangka (2cc)
3. Essen tenggiri (1cc)
4. Essen choya (1cc)
5. Essen almond (1cc)
6. Pasta pandam (1 sendok mkn)

3. MUSIN TEDUH (PENGAP)
1. Essen pala (8cc)
2. Essen Nangka (4 cc)
3. Essen Tenggiri 1 cc
4. Essen Choya 1 cc
5. Vanily cristal 1/4 botol

Creator : Kompeni
Lokasi : Lagi dibelanda
Oplosan Andelan

Bahan2
Jagung bakar 3cc
Buttercookis 2cc
bolu 2cc
Pala 2cc
Choya 2cc
Tenggiri 2cc
Pasta pandan 1sdm



Cara Buat :
  • Pilih salah satu Oplosan / umpan yg anda ingin coba.
  • Masukan ke dalam kantong plastik Ukuran 1kg.
  • Tambahkan Sagu 2 sdm munjung + air 1 Gelas Aqua.
  • Kocok-kocok sampai semua bahan merata.
  • Rebus di air panas sampai matang sambil di aduk2 (ratakan) dengan sendok makan.
  • Tambahkan air panas 2-3 sendok makan jika umpan terlalu keras.
  • Umpan siap di coba.

all created by Doel aka KOMPENI

Tips merawat berring atau reel



Siapkan alat - alat sebagai berikut :

1. Air Hangat (Untuk mencuci bagian luar reel)
2. Handuk atau kain ( untuk mengeringkan sisa air cucian reel)
3. Reel Lubricantion (grease dan oli, untuk grease saya biasa pakai Relix reel lube kalau
    oli pakai oli mesin jahit aja)
4. WD40 bila diperlukan
5. Obeng

   Adapun cara-caranya yaitu :


1. Basahi aja dengan menyapu bagian luar reel dengan air hangat, jangan dicelupkan. Setelah itu keringkan dengan handuk atau kain sampai kering.
2. Jangan melepas spool dan merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat drag jalan abnormal. . waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak masuk ke mekanisme drag. Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya real washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti bener2 kering dari apapun. kalo metal washernya lebih dari 3 biasanya pake drag basah, artinya ada oli di washer2nya. nah ini ga boleh salah kaprah... drag kering dikasih oli akan jadi mlorot ga bisa ngerem dragnya, drag basah ga dikasih oli, drag akan mengunci kalo dikerasin dikit aja. nah.. drag2 ini kalo kena air jadi tidak stabil jalan nya.

3. Lubrikasi reel, ada 2 jenis lubricant yaitu grease sama oil, grease itu fat, kental kaya mentega, oil ya oli... bentuknya cair. Bagian2 mana dari reel yang pake oil dan mana yang pake grease? Semua bearing pake oil bukan grease, semua gear pake grease bukan oil. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali2 dikasih grease apalagi berlebihan, roller bearing di tahan oleh per yang kecil2 sekali, kira2 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, kalo per2 ini kena grease, suka macet dan bikin rollernya ga mau main, alhasil oneway roller suka ga bekerja dan reel bisa terputar balik.. Jangan kasih grease terlalu banyak di area pinion gear ato gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi seret ga karuan. Kasih grease secukupnya saja... Kasih perhatian sama line roller, itu mekanisme penggulung kenur di bail arm, suka orang lupa kalo disitu ada bearingnya juga.

4. Setiap beberapa kali trip, selalu buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini sering terkumpul garam, walaupun reel selalu dicuci waktu habis mancing.

5. Tips untuk overhaul reel, bongkar semua bagian reel tanpa terkecuali. Ingat2 posisi semua part dengan mencatatnya atau letakkan di wadah2 plastik untuk masing2 bagian. Jangan lupa posisinya nanti ga bisa balikin lagi repot jadinya. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian2 parts dari reel berikut nomer serinya), gunakan diagram ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40, pake kuas kecil untuk bagian2 yang sulit. Hilangkan semua bekas2 grease yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam. Kalao semua sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru... reel anda pasti jauh lebih halus suaranya.... dijamin!

6. Di stella, kalo rotornya dibuka, ada karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal, ini sebetulnya bukan seal, tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail arm dibuka, coba rasakan, kalo bail arm dibuka rotor pasti jadi seret jalannya, karena ada semacam kait yang akan menempel di lingkaran karet seperti seal ini. Karet ini jangan dicuci pake WD40, bisa melar ga karuan...

7. Untuk ultegra keatas sampe dengan stella, jangan membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di belakang reel... mekanisme ini bisa dicuci bersih pake WD40 dan kuas tanpa harus dibongkar... kalo anda bongkar worm shaftnya... anda akan kesulitan memasangnya kembali... this is really pain in the ass.

8. Kalo anda ga brani bongkar2 reel sendiri, bawa aja ke dealer ato tukang servis . Yang jelas reel mau mahal kaya apa tetep aja harus di overhaul sekali waktu untuk memberi lubricant yang baru, Mobil aja tiap 2000-3000km ganti oli kan? Reel yang penampilannya mulus belum tentu jeroannya mulus juga.

Senin, 11 Oktober 2010

Mata Kail / Hook


Kail Merupakan Salah Satu alat utama dalam memancing. Kail modern umumnya terbuat dari bahan baja tahan karat untuk standard minimal namun ada juga yang terbuat dari karbon yang anti karat dan tentu saja memiliki kekuatan jauh lebih baik di bandingkan kail baja.

Bentuk – bentuk kail yang ada sekarang merupakan pengembangan dan penyempurnaan yang dibuat oleh pabrikan kail.bahkan beberapa produsen kail terbaik seperti Amerika serikat, Jepang dan Inggris membuatnya dengan melapisi permukaan kail dengan teflon.

Kail secara umum terbagi atas beberapa bagian :

- EYE yaitu lubang mata pancing untuk mengikat senar.

- SHANK yaitu tangkai kail yang bentuknya lurus, disebut juga badan kail

- POINT yaitu ujung pancing yang berbentuk runcing

- BARB atau bagian runcing terbalik dengan point berguna sebagai pengait

- GAP atau jarak antara ujung pancing ( point ) dengan Shank alias batang nya.

Untuk barb atau kait, merupakan bentuk kail yang memang diperuntukkan untuk memancing air tawar. Sedang untuk memancing air laut terutama untuk memancing ikan cakalang dan tuna dibutuhkan kail tanpa barb. Model terbaru dari beberapa merk terkenal seperti Owner, Gamakatsu, Mustad, Falcon adalah bentuk huruf G bukan J. untuk selera silahkan coba kedua macam bentuk diatas. Biasanya penggunaan kail disesuaikan dengan target sasaran dan juga pengalaman pemancing sendiri.

Metode penomoran mata kail didasarkan pada lebar mata pancing dan diameter batang pancing. Semakin kecil ukuran pancing semakin besar penomorannya. Ukuran 0 atau 1 adalah ukuran terbesar kail.

Senar atau Line


Senar / Line adalah suatu tali terbuat dari bahan khusus yang digunakan untuk memancing dan menempatkan kail (hooks), pelampung (floats), timah (sinker) dan asesoris lainnya.

Ada 2 bagian senar yaitu main line dan hook line. Pemakaian senar disesuaikan dengan tujuannya, apakah untuk mencari ikan besar/kecil terutama di kolam. Diameter senar pun disesuaikan dengan besar kecilnya ikan yang kita inginkan. Hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu, dan biasanya senar yang baik kualitasnya pun relatif mahal.

Senar yang baik mempunyai mutu stabil. Dibuat dari bahan baku berkualitas, mesin yang baik dan dengan proses dan quality control yang baik pula. Kestabilan senar dimaksud adalah jika dibuat dengan quality control yang ketat seperti diameter, kekuatan (strength), kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility) dan ketahanan gesek (abrasion resistance)

I. Jenis-jenis Senar :

a.       Monofilament : Senar dengan serabut (filament) tunggal, yang terbuat dari bahan dasar nylon. b.       Multifilament : Senar dengan banyak serabut. Permukaan senar ini kasar, tidak sehalus senar dari bahan nylon dan banyak dipakai pemancing hobi dan biasanya digunakan untuk lomba.

II. Karakteristik Senar :

a.       Kekuatan (strength) : Seberapa mampu senar dapat menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan menggunakan universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm permenit, kemudian senar diuji sampai putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

b.       Kekuatan Ikat Senar (knot strength) : Kekuatan ikat pada simpul, dimana senar akan putus disimpul. Umumnya kekuatannya diukur dengan pons (lbs) atau kg (kilogram). Tes kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan membuat simpul pada tengah-tengah senar yang akan diuji, sampai senar putus pada simpul.

c.       Perpanjangan Senar Pada Saat Ditarik (elongation) : Senar akan mengalami perpanjangan/mulur pada saat menarik beban, sampai titik maksimal dari senar itu tidak dapat mulur lagi. Tes dilakukan dengan menarik senar sampai titik maksimal senar akan putus.

d.       Ketahanan Gesek (abrasion resistance) : Senar yang tidak mudah terkikis / abrasi apabila terkena batu karang, penuntun senar pada joran dan tempat jalannya senar pada ril. Tes dilakukan dengan menggesek senar sampai putus dengan menggunakan amplas berputar dan dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran, menunjukkan senar semakin tahan terhadap gesekan.

e.       Kelenturan (flexibility) : Resistensi senar saat ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada saat ditekuk. Makin besar resintensinya menunjukkan senar semakin kaku.

III. Kekuatan Senar Dapat Diukur Menggunakan :

a.       Alat Pengetesan Senar : Memakai mesin khusus untuk tes senar yang keakuratan atau ketepatannya lebih baik dibanding manual (memakai tangan) karena senar di tes secara terperinci.

 b.       Secara Manual : Dilakukan dengan memakai suatu timbangan, kemudian senar ditarik (timbangan menunjukkan suatu angka) sampai senar tersebut putus.pojok pemula

IV. Macam-macam Kemasan Senar :

a.       Commercial : Kemasan senar yang dijual untuk pemakaian yang lebih ekonomis dan kurang memperhatikan senar dibanding kemasan senar hobi. Biasanya pemakaian senar ini untuk mencari nafkah/keuntungan dan digunakan untuk keperluan nelayan membuat/menambal jala.

Senar komersial dibagi 2 yaitu :
-          Senar bungkus : Senar gulungan tanpa spool dalam bungkusan plastik dengan informasi kekuatan (lbs), diameter (mm) dan panjang senar (m)

-          Senar Pak : Kumpulan senar bungkus, yang dijual dalam bentuk pak ditimbang dengan berat 4,5 kg.

b.       Hobi : Senar yang pemasarannya ditujukan pada pemancing hobi. Senar ini lebih mengutamakan kualitas seperti kekuatan dan diameter.

Senar hobi dibagi 2 yaitu :
-          Senar Rol Meter : Senar gulungan dengan spool, dengan informasi kekuatan (lbs), diameter dan panjang senar.

 -          Senar Rol Berat : Senar gulungan dengan spool dan informasi kekuatan (lbs), diameter, panjang senar
IV. Penjelasan Senar IGFA Class :

IGFA (International Game Fishing Association) Class adalah peraturan standarisasi tentang senar. Sebagai contoh, apabila senar yang bertanda IGFA Class mempunyai kekuatan 10 kg, maka senar akan putus bila dibebani lebih dari 10 kg. Dibanding dengan senar lain yang tidak ada label IGFA Class kemungkinan senar tidak putus apabila dibebani melebihi 10 kg, bahkan juga senar akan putus di bawah 10 kg.Untuk mencapai sebuah rekor kelas tertentu, maka senar yang digunakan pemancing akan di tes kekuatannya sesuai klaim rekor. Semua senar yang berlabel ataupun yang tidak berlabel IGFA harus di tes untuk validasi senar yang digunakan.

V. Tips Memilih Senar :

Dalam memilih senar kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuannya, apakah untuk tujuan komersil atau hobi. Apabila tujuan untuk komersil, maka memilih senar tidak serumit memilih senar untuk hobi. Berbeda dengan hobi, banyak hal harus diperhatikan dalam memilih, seperti ikan apa yang dicari, tipe memancing (troling, spinning dan lain-kain) untuk perlombaan / tidak, strength (kekuatan) dalam satuan lbs (pon) atau kilogram (kg) dan diameternya.

VI. Tips : Membedakan senar nylon dan fluorocarbon

dengan cara dibakar, untuk senar nylon api mau menyala dan untuk senar fluorocarbon api tidak bisa menyala.

Sabtu, 09 Oktober 2010

Pelampung Mancing

Penjelasan mengenai pelampung mancing
                                                                      


  Pelampung pancingan adalah salah satu perangkat memancing yang berguna untuk membuat umpan pancing tidak tenggelam jauh ke bawah dasar air. Pelampung jenis ini banyak beragam, kendati beragam pelampung secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua.
Jenis pelampung pancingan
Secara fisik jenis pelampung pancingan ada dua, yaitu pelampung yang gemuk di pangkal dan pelampung yang gemuk dibagian ujung.
Sedangkan secara kegunaan, juga terbagi dua, yaitu pelampung pada permukaan air yang tenang dan Pelampung pada permukaan air yang berarus atau mengalir.

Pelampung pada permukaan air yang tenang
Kelompok pertama ialah pelampung yang dirancang untuk digunakan saat mancing di perairan yang permukaannya tenang atau relatif diam. Bentuknya antara lain silinder pendek, silinder panjang atau silinder dengan bagian yang membengkak di dekat pangkal.
Bentuk batang silinder pendek misalnya, paling pas digunakan untuk mancing pada kondisi tidak ada angin dan permukaan air “licin” bagai berminyak.
Pelampung dengan bentuk batang silinder panjang lebih pas dipakai untuk mancing di perairan yang agak beriak sedangkan pelampung yang gemuk di pangkal cocok digunakan manakala riak di permukaan air menjadi masalah bagi pelampung berbentuk silinder rata.
Apabila diujung pelampung terdapat semacam jarum indikator, gunanya ialah agar dihasilkan sensitivitas yang lebih jelas teramati, khususnya pada saat mancing ikan yang cara makan umpannya tergolong sangat “santun”.
Pelampung jenis pertama ini dipakai dengan meloloskan senar utama melalui cincin kawat di bagian pangkal dan posisinya ditetapkan dengan bantuan dua buah timah (pemberat mata kail) berbentuk bulat kecil yang dijepitkan ke senar utama.

Pelampung pada permukaan air yang berarus atau mengalir
Kelompok berikutnya pelampung yang digunakan khusus untuk mancing di perairan yang berarus atau mengalir.
Kebalikan dari yang pertama, pelampung jenis ini dibagian ujungnya justru lebih gemuk ketimbang di pangkal. Pemasangannya juga tidak dengan dijepit timah (pemberat mata kail), melainkan dijepit selang karet (biasanya pentil sepeda) dibagian pangkal dan ujung, sehingga senar utama penempel di sepanjang pelampung.
Pelampung yang ujungnya agak langsing ideal dipakai untuk mancing dimana jarak antara ujung joran (tongkat pancing) dan pelampung relatif dekat, seperti bila mancing si sungai, dengan umpan laron, kecoa dan umpan lain sejenis yang bobotnya relatif ringan.
Bentuk yang agak gemuk diujung namun tetap silindris di pangkal akan lebih terapung di permukaan air, sehingga lebih mudah diamati responnya pada saat umpan disambar ikan. Pemancing yang baru belajar mancing di sungai sebaiknya memilih pelampung jenis ini.
Pelampung yang bentuknya agak gemuk di pangkal dan semakin gemuk lagi mendekati ujung hanya cocok untuk mancing di sungai yang dalam, namun airnya mengalir cukup deras.
Umpan yang dipakai sebaiknya juga berukuran cukup besar, misal daging keong, kodok, bagian isi perut ayam atau buah pisang.                                                                        

Tackle / Joran Pancing

Tackle atau Joran untuk mancing


                                         
Joran (tackle) untuk mancing ikan mas dapat dipilih dari beberapa merek yang beredar di pasaran. Kwalitas joran dipilih yang kekuatannya baik dan juga mempunyai daya lentur yang sesuai penggunaannya. Perlu diingat bahwa lenturan joran juga mempengaruhi dalam menguras tenaga ikan yang terpancing (fight). Untuk kepraktisan semata dapat anda pilih joran tipe antena (telescopic), yang terdiri dari beberapa ruas batang, dapat dipanjangkan atau dipendekkan. Namun bila anda hampir setiap minggu pergi berlomba, ada baiknya memilih tipe joran yang tanpa sambungan (one piece) atau yang disambung, biasanya dua batang (two pieces) atau tiga batang (three pieces). Joran tipe ini mempunyai kekuatan dan kelenturan yang lebih baik dari tipe antena.
Untuk bahannya pilihlah minimal yang terbuat dari serat kaca ( fibreglass) yang berongga di tengahnya bukan yang padat. Dewasa ini bahkan telah banyak joran yang berbahan Carbon, Grafit, Boron atau Kevlar. Panjang joran yang ideal antara 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang umum digunakan berkisar 5' 6"~6' (5 feet 6 inch s/d 6 feet) sekitar 168~180 cm, ukuran tertera jelas pada badan joran. Jumlah marit atau jalur benang minimal yang berjumlah 5 agar pembagian beban pada batang joran merata. Kelenturan atau aksi joran sesuaikan dengan keperluan, semakin lentur akan semakin betambah kepekaannya terhadap gigitan ikan, ukuran kelenturan biasanya disebut Taper misalnya Fast Taper, Medium Taper, Slow Taper dan beberapa kombinasi di antaranya. Untuk Fast Taper kelenturan joran sepertiga bagian hingga ke ujungnya (Tip Action), joran tipe ini hanya melengkung di bagian ujungnya sedang pangkalnya tetap lurus tanpa beraksi. Penggunanaannya dimaksudkan untuk kecepatan cocok dipakai pada saat lomba atau mancing sistem galatama. Medium Taper adalah kelenturan joran dari bagian tengah sampai ke ujungnya (Middle To Tip Action) yang akan melengkung dari bagian tengah ke ujungnya. Slow Taper (Through Action) yang akan melengkung dari pangkal hingga ke ujung joran. Medium Taper dan Slow Taper biasanya digunakan untuk mancing harian atau perlombaan mancing yang santai. Bila banyak variasi mancing dan lomba yang anda laksanakan pilihlah yang Medium Taper jika memang anda tidak terlalu memikirkan soal spesifikasi tadi. Yang perlu diingat adalah aksi joran yang melengkung itu akan menimbulkan reaksi pada gerakan meluruskan kembali pada joran tersebut, reaksi inilah yang membantu anda menguras tenaga ikan. Padukan tingkat kelenturan tadi dengan kekuatan atau kelas kenur yang digunakan. Kenur terlalu kecil akan mudah putus bila dipadu dengan Fast Taper, sebaliknya joran Slow Taper beresiko patah jika dipadu kenur berkekuatan besar pada saat menghentakkan joran atau saat menaklukan. Merek joran yang baik dapat anda temukan dengan mudah di toko-toko pancing terkemuka beberapa diantaranya yaitu Shimano, Daiwa, Fenwyck, Berkley dan masih banyak lagi. Kembali ke soal marit atau jalur benang, telah banyak produsen joran yang mengeluarkan produk joran tanpa marit. Jadi kenur langsung melewati rongga batang joran. Tentu saja keuntungannya, joran akan melengkung sempurna sehingga menambah kekuatan joran. Contohnya seri interline dari Daiwa dan innerline dari Shimano.

Jumat, 08 Oktober 2010

Bering atau Reel pancing





Penggulung atau ril (reel) merupakan piranti yang penting di dunia mancing dewasa ini. Memang beberapa pemancing tradisional di negara kita terkadang tidak memerlukannya. Namun untuk mereka yang serius di arena mancing, penggulung menjadi suatu keharusan. Mancing ikan mas akan sangat nyaman bila penggulung yang digunakan adalah spinning reel, dicirikan dengan penggulungnya yang ada di depan dan pemasangannya di bawah joran. Dalam memilih penggulung yang baik tentu saja utamakan adalah kwalitas dari spining ril itu sendiri. Ril yang baik badannya terbuat dari Grafit yang ringan bukan plastik atau alumunium. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih spining ril seperti rem spul (Drag), bantalan roda (Ball Bearing), rasio gigi (Gear Ratio), kapasitas kenur dan kelas ril.
Drag atau mekanisme yang menahan lajunya spul saat kenur dilarikan ikan adalah alat yang vital pada ril. Tanpa drag kemungkinan gagalnya menaklukkan ikan jadi besar terutama saat menghadapi ikan mas yang berukuran super. Ril yang baik mempunyai beberapa lempengan elemen drag di dalamnya, dapat dilihat pada dus atau buku pentunjuknya. Letaknya ada yang di depan disebut Front Drag (bagian atas spul) ada juga yang di bagian belakang ril disebut Rear Drag. Beda keduanya hanya pada letak, namun berdasarkan pengalaman, Front Drag lebih tangguh, dapat menahan lajunya ikan dengan mulus tanpa tersendat.
Ball Bearing atau bantalan roda berfungsi meminimalkan gesekan pada setiap mekanismenya sehingga perputaran yang dihasilkan menjadi lancar karena kurangnya beban yang dinetralisir bantalan. Pada prakteknya semakin banyak Ball Bearing adalah semakin baik, tapi konsekwensinya harga ril menjadi mahal. Jumlah bantalan sebaiknya dilihat dari diagram ril pada buku petunjuknya. Tiga (3) Ball Bearing pada ril sudah memadai. biasanya terletak pada Pinion Gear, Drive Gear sebelah kiri dan Line Roller-nya.
Gear Ratio atau rasio gigi, dihasilkan dari perbandingan putaran gagang (handle) dengan putaran Rotor. Gear Ratio 4:1 sudah memadai untuk digunakan mancing ikan mas, rasio ini akan menghasilkan 4 putaran rotor pada 1 kali putaran gagangnya. Ril modern gear rationya antara 3:1~6,3:1. Bedakan dengan Trolling Gear yang mempunyai dua posisi gear ratio, rasio yang rendahnya untuk mengatasi perlawanan ikan yang sangat besar. Maka pada pemancingan ikan mas gear ratio yang tinggi akan semakin baik, terutama saat lomba atau mancing ikan mas sistim galatama.
Kapasitas kenur dan kelas ril yang digunakan berukuran 4kg~8kg pada kelasnya yang menampung kenur 8lbs~14lbs sebanyak 60m hingga 200m sudah cukup memadai digunakan pada perlombaan mancing ikan mas. Penggolongan kelas ril biasanya ditunjukkan oleh tipenya yang bernomor 100, 200, 1000, 2000 dan seterusnya. Tipe yang digunakan untuk mancing ikan emas adalah 2000 ke bawah. Beberapa merek terkenal yang terbukti cukup handal dalam pemakaian dan keawetannya seperti Daiwa SS-700, Shimano tipe Stella, Biomaster, Ultegra juga Wonder Zeus dan lain sebagainya.

Kamis, 07 Oktober 2010

Umpan Top Markotop

Umpan Prestasi KTI
Juara 3 Total 13kg+, super 4,2kg dan juara 1&3 di Pemancingan Bumi Putera Betawi, Ciledug
Juara 1 dan prestasi ke 2 di ragunan, total ikan 86 ekor di Cinangka, dll

Jenis umpan wangi:

Bahan:

6 butir Kuning telor bebek

4 sachet vanili bubuk

2 ons kroto super (yg putih, kecil)

2 kotak kara kecil

2 sachet dencow bubuk

2 sdm madu asli

2 kaleng Tuna Deho

1 sdm butter weisjman

¼ kotak keju kraft

Air panas 150 ml (untuk mengencerkan susu)

4 bungkus katulampa (pengeras)



Cara membuat:
    * Mixer kuning telor sampe lembut (seperti membuat kue)
    * Masukkan vanilli, madu, weisjman, kara, dencows yang telah di cairkan dengan air panas, kemudian parutkan keju.
    * Turunkan kecepatan mixer, setelah rata aduk kroto yang telah di rendam dengan air panas.
    * Kukus umpan selama ±45 menit, masukkan umpan pada saat air sudah mendidih.
    * Pada saat umpan akan di pakai, haluskan deho dan campur dengan master umpan, sesuaikan kekerasa umpan dengan katulampa.

Umpan siap digunakan.

create:M-bei

Umpan praktis ikan mas

Umpan tanpa kukus

Bahan-bahan :

   1. Indomie yg digiling/dihaluskan.
   2. Kuning Telur Ayam rebus 6 butir
   3. Santan Kara yg dimasak
   4. Tuna Kalengan Deho, diseduh
   5. Kroto 1 ons, di kukus

Cara Membuatnya :

Campur aduk bahan satu per satu, usahakan kroto terakhir dalam pengaduk
umpan telah siap di gunakan

umpan ikan mas

Umpan ini untuk jenis kolam yang tidak mengalir dan dapat di gunakan untuk harian tau galatama

jenis umpan wangi

bahan-bahan:
1. Kroto 1 ons (cari yg putihnya and direbus sebentar dan tiriskan airnya)
2. Susu Dancow 1 sascet
3. Putih telur bebek 2 btr
4. Pelet putih 1 plastik kecil
5. Deho (ambil 1/2 dagingnya dan kukus sebentar)
6. Pengeras ( kinoy) 1 plastik kecil

Bahan2 diatas dicampurkan (1 s.d 4) and dikukus 1/2 jam dan dinginkan...setelah mau lomba or mau mancing campurkan deho yg telah dikukus and campurkan kinoy sedikit demi sedikit...umpan siap saji... cocok buat kolam yg airnya gak mengalir...ok mudah2an umpan ini bisa membantu...!!


create:bam gdar

umpan mancing ikan mas harian boleh,galatama oke



Umpan master jitu
create:by blog kompeni 





Bahan-bahan :
  1. Kacang mede yang sudah dihaluskan 1 sdm
  2. Telur bebek putih nya saja 2 biji
  3. Telur bebek asin kuning nya saja 2 biji
  4. Susu beruang 5 sdm
  5. Susu dancow 1 sachet
  6. Tepung ketan 2 sdm
  7. Tepung aci 1 sdt
  8. Keju kraft 2 lembar
  9. Umpan jadi pak enyoi / pak ikin merah 1 bks
  10. Santan kara 1 bks
  11. Ikan salmon 50 gr
  12. Deho 1/2 klg
  13. Halco 1 cm (warna tutup ijo)
  14. Daun pandan 2 lembar
  15. Kroto 2 ons
  16. Katulampa 1 bungkus
Cara pembuatan :
1. Santan kara direbus sampai tinggal pasta
2. Telur bebek ambil putihnya, mixer dengan susu beruang, lalu campurkan santan yang telah menjadi pasta, tambah kan keju 2 lembar....mixer sampai halus. Tambahkan tepung ketan dan aci dan halco tadi.......mixer ±15 menit
3. Haluskan umpan jadi pak enyoi/pak ikin, campur dengan kuning telur asin, lalu tambahkan susu bubuk dancow fullcream 1 sachet, lalu tambahkan bubuk mede 1 sdm
4. Campurkan semua bahan diatas, dan aduk sampai merata,
5. Selanjutnya masuk kan kroto 2 ons tadi dan kasih 2 lembar daun pandan, selanjutnya kukus pada air yang telah mendidih selama 1 jam
6. Selesai kukus,angin-anginkan ± 4 jam agar umpan kering (baik dibuat dimalam hari sebelum mancing
Pagi harinya sebelum berangkat mancing :
7. Rendam ikan salmon dengan air mendidih ±10 menit, lalu haluskan dengan garpu
8. Pisahkan deho dari minyak nya, pakai 1/2 nya saja, haluskan dengan garpu

9 Selanjutnya campurkan umpan, ikan salmon, deho dan aduk hingga rata, jika kurang keras set kekerasan dengan katulampa.

umpan ikan mas harian or galatama

umpan kacang mete
by.blog kompeni

Bahan-bahan :
  1. Umpan Ikin 1 bungkus
  2. 1 buah kara (di panaskan hingga menjadi pasta putih)
  3. 15 butir kacang mete (Diblender)
  4. 1 bungkus indomie (diblender jadi pengeras)
  5. Ikan tongkol 2 ons (ambil daging putihnya saja)
  6. Telur bebek 2 butir (ambil putihnya aja)
  7. 1 bungkus saccet susu dancow
Cara membuatnya :
Semua bahan2 diatas dikukus menjadi satu selama 1/2 jam

tips trick mengikat kail

ini adalah tip untuk mengikat kail atau di sebut mata pancing
create by.kompeni


Umpan wangi by Bam Gdar aka bambang FF

Umpan Aroma Wangi
Bahan :
- 3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan)
- 1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan))
- Keju parut (bahan utama juga buat umpan)
- Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s.d 4 btr...(ambil putihnya)
- deho
- 2 lembar pandan
- Kroto (selalu ada, karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini)
- Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk
- 2 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan)


Cara membuat :

1. 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan
2. Tepung beras rose brand dicampurkan dengan telur bebek/ayam (putihnya saja)+keju+Kroto (bersihkan dan rebus sebentar jng terlalu lama) + 2 sacet dancow aduk sampai merata
3. Rebus dengan air deho (dagingnya saja) supaya aroma amisnya hilang
4. Campurkan bahan 1,2, ditambahkan 2 lembar daun pandan kedalam plastik kiloan dan kukus 1/2 jam saja...dinginkan
Catatan:
- Umpan wangi ini kl siap tuk lomba segera campurkan deho (daging yg sudah direbus) dicampurkan dengan kinoy sedikit demi sedikit...dijamin ikan yg suka aroma wangi akan segera menyantapnya...
Demikian Tip and trik pemancing tombro tuk pemula....semoga ada manfaatnya...di tunggu reportnya...ok!!!

Umpan praktis ikan mas

Racikan umpan yang satu ini bila pembaca membaca nya akan tersenyum karna membaca bahan dasar dan cara pengolahan nya
akan tetapi umpan ini telah saya uji coba juga di kolam harian dan hasil nya tidak mengecewakan.
umpan ini biasa saya gunakan untuk memancing di sungai yang target ikan nya adalah ikan 3-4 jari
dan setelah saya pikir umpan ini pun mempunyai aroma yang khas maka saya coba pergunakan di kolam ikan mas yang hasil nya alhamdullillah lumayan
dan cukup mengembirakan saya,saya mendapatkan 7 ekor ikan mas yang setelah saya timbang berat semua nya berkisar di 5,7 kq
umpan wangi khas lampung

bahan-bahan:

1.kacang tanah kulit yang telah jadi 7 bungkus
2.lontong 1 bungkus
3.terasi udang 1 bungkus < di warung rp.500 >
4.bawang putih seujung pentol korek api

cara pengolahan:

pertama-tama kacang kita kupas buang kulit kasar dan kulit halus nya
lalu kacang kita giling hingga halus dan benar-benar halus kemudian di pisah kan ke tempat mangkuk berbeda
lalu lontong di ambil 1/5 nya dan di giling halus juga sampai benar-benar halus agar memudah kan dalam pengadukan umpan nantinya
terasi terlebih dahulu di bakar tetapi jangan sampai hangus/gosong.
langkah terakhir adalah kita mencampur kacang dan lontong tersebut menjadi satu,lalu campurka 1/4 terasi yang telah di bakar dan terakhir tambah kan
bawang putih tersebut.
bawang putih tidak boleh melampaui takaran yang telah di berikan karna berdampak tidak baik untuk aroma umpan
umpan telah siap di gunakan dan semoga keberuntungan ada di tangan anda,umpan ini benar-benar menebar aroma harum kacang tanah bila
telah masuk ke dalam air.

umpan ikan mas top2 kreasi sendiri


kembali saya mencoba kreasi umpan ikan mas sendiri dengan bahan dasar yang sederhana
Jenis umpan wangi

bahan-bahan:

1.3 butir telor ayam kampung
2.vanilli 1 bks
3.bubuk umpan cap djempol wangi susu 1 bungkus
4.air hangat 1/4 gelas
5.bubuk katu lampa hambar

cara pengolahan: 


Telur di mixer hingga berkembang,lalu campurkan vanili 1/5 bungkus
bubuk umpan cap djempol lalu di aduk dengan air hangat,kemudian telur yang telah di mixer lalu di campur kan menjadi satu dengan bubuk umpan yang telah jadi dan di aduk hingga menjadi rata yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lengket sesuai dengan selera dalam menggunakan umpan,dan bila terlalu lengket dapat di tambah kan bubuk katu lampa hambar sedikit demi sedikit.
umpan telah jadi dan siap di gunakan.
mengapa dalam pembuatan umpan ini menggunakan umpan bubuk cap djempol...?
karna umpan ini tingkat ketajaman wangi susu nya sangat baik,maka tidak perlu menggunakan susu bubuk atau cair lg dan umpan ini telah di buktikan penulis dalam mancing harian yang hasil nya juga tidak mengecewakan, dan semoga juga umpan ini tidak mengecewakan untuk pengguna nya dan para pembaca yang mencoba nya.

umpan top1 kreasi sendiri


umpan ini kreasi sendiri yang sudah di coba di gunakan baik di kolam harian maupun kolam galatama dengan hasil yang insyaalah tidak mengecewakan
 Jenis Umpan Wangi

Bahan-bahan:

1.keju sachet kraft 1 bks < ada di mini market ukuran kotak korek api >
2.santan kara mini 1 kotak
3.susu sachet putih 1 bks
4.vanilli 1 bks kecil
5.telur 3 buah
6.mentega seujung sendok teh
7.wisjman seujung sendok teh

Cara pembuatan:

keju di parut di ambil 1/5 nya saja , kemudian di campur dengan santan kara 1/5 kotak saja , lalu di tambah kan susu sachet yang hanya di sisakan 1/4 saja lalu di tambahkan vanilli dan wisjman
kemudian adonan tersebut di campurkan dengan telur yang putih dan kuning nya di gunakan semua , yang terakhir baru di beri mentega dan kemudian bahan-bahan tersebut di kocok menggunakan mixer
lalu bahan-bahan tersebut di kukus hingga matang.
kegunaan dari mentega agar pada saat umpan di masukan ke kolam minyak mentega tersebut dapat menyebar ke dalam kolam dan menaburkan aroma umpan tersebut di sekitar umpan , yang akan menarik perhatian ikan mas.
umpan telah siap di gunakan,umpan ini sangat di gemari ikan mas yang berbobot besar < babon >

Rabu, 06 Oktober 2010

umpan praktis 2 kreasi sendiri

kembali saya coba tuangkan info umpan kreasi saya sendiri yang insyaallah tidak mengecewakan,umpan ini di gunakan untuk mancing kolam harian
jenis umpan amis
bahan-bahan:

1.kembali saya gunakan bubuk pelet merk 48,1 bungkus
2.telur ayam kampung 1 butir
3.minyak jelantah 1/5 gelas < minyak bekas yang telah di gunakan menggoreng>
4.air panas 1 gelas


cara membuat nya sebagai berikut:

telur ayam kampung dan minyak jelantah di campur kan menjadi satu
bubuk pelet 48 di aduk bersama air panas dengan ukuran tidak keras dan tidak lengket
baru kemudian bahan-bahan tersebut di campur kan menjadi satu.
umpan telah jadi dan siap di gunakan

umpan praktis 1 kreasi sendiri

umpan ini adalah kreasi saya sendiri dan telah saya coba dan hasil nya tidak begitu mengecewakan,umpan ini untuk mancing harian ikan mas
jenis umpan amis
 bahan- bahan:

1.sarden 1 kaleng
2.telur bebek 1 butir
3.bubuk pelet merk 48,1 bungkus <bukan iklan,tapi ini saya pilih karna tingkat kemudahan dalam pengadukan sangat mudah>
4.air panas secukup nya

cara pengolahan sebagai berikut:

 sarden kita buang air nya,ambil ikan nya saja dan kemudian kita aduk dengan telur bebek yang hanya di ambil kuning nya saja dan setelah merata kita campur dengan bubuk pelet tersebut,lalu di tambah kan air hangat secukup nya takaran nya cukup untuk mengaduk campuran umpan tersebut agar tidak terlalu keras.
umpan telah siap di gunakan
Oom..Jangan Lupa Komentar y..!!!!